"GELAR ACARA BARITAN RUAT BUMI. PEMDES SUKAMULYA BERSAMA MASYARAKAT GELAR ACARA BARITAN RUAT BUMI. - KABAR LIDIK INDONESIA

Breaking

Post Top Ad

"GELAR ACARA BARITAN RUAT BUMI. PEMDES SUKAMULYA BERSAMA MASYARAKAT GELAR ACARA BARITAN RUAT BUMI.



Kabarlidikindonesia.com- 19/01/2023.

Karawang  – Sedekah hajat  Bumi merupakan warisan nenek moyang leluhur Kita . Budaya  buhun yang sudah melekat di kalangan masyarakat , adat istiadat peninggalan para karuhun terdahulu .

Acara hajat bumi(ruat) ini digelar dilokasi makom Desa Sukamulya Kecamatan cilamaya Kulon Kabupaten Karawang Propinsi Jawa Barat.


Tradisi ritual ini merupakan wujud bentuk rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan rezeki . Di rayakan oleh para petani sehabis panen atau  menjelang musim tanam padi yang di selenggarakan setahun sekali .



Bukan hanya para petani saja tapi juga di hadiri oleh pak Camat , pak dewan Cita beserta ketua TP PKK Kec. Cilamaya kulon, bapak Kepala Desa Sukamulya , BPD , LPM , para amil , Kadus , Rw 02 Rt 02.tokoh masyarakat dan tokoh agama , para kaur , Linmas ,Sapol PP, serta masyarakat setempat .




Camat Dudi Aleksandri mengungkapkan rasa syukurnya kepada Allah SWT karena dapat menghadiri hajat bumi dan bersyukur atas keberhasilan panen tahun ini , dan berharap kedepannya bisa lebih melimpah.

Beliau juga berharap agar para petani dapat mengelola lebih baik lagi dan tetap menjaga kelestarian alam  lingkungan .



Sementara Kepala Desa Sukamulya Ucup Subhan  mengungkapkan  harapannya agar hajat bumi tersebut  , dapat terus di lestarikan karena merupakan salah satu budaya lokal peninggalan leluhur kita , juga sekaligus sebagai bentuk edukasi kepada generasi muda tentang budaya lokal yang ada , yang memang syarat dengan unsur kegotong royongan , persatuan dan rasa bersyukur kepada Alloh SWT . Pungkas*



Reporter : Eli nurlaeli


Editor       : Bang Gaib.

"

| BACA JUGA YANG LAINNYA |

Pages