Breaking News

Mengenal Redaksi, Badan Yang Menyusun Tulisan Dalam Surat Kabar ,Online ,Majalah.


www.kabarlidikindonesia.com kamis 21 Des 2023.

Karawamg - Dalam kegiatan penyiaran berita, kamu pasti pernah mendengar istilah redaksi. Redaksi  merupakan badan yang menyusun kalimat  tulisan dalam berita media online dan surat kabar , Majalah atau dalam penerbitan berita di sebuah media masa.

Redaksi juga bertanggung jawab untuk mengumpulkan berita, menyusun, mengedit, dan mencetak atau menerbitkan berita ke publik atau ke masyarakat luas. Proses ini dilakukan agar rangkaian pemberitaan di tulisan agar dapat menarik dan diminati masyarakat yang membaca.

Seperti apakah komponen dalam sebuah redaksi? Berikut adalah penjelasannya.Definisi Redaksi,Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), redaksi adalah badan (pada persurat kabaran) yang memilih dan menyusun tulisan yang akan dipublikasikan atau yang dimasukkan ke dalam surat kabar,media online ,Majalah dan sebagainya. 


Artinya, redaksi mempunyai peran, perencanaan dan penyusunan untuk membuat berita yang bersifat aktual dan faktual agar terbaca dan tersusun di baca nya

Berita Merupakan kumpulan rangkaian dan hasil  kegiatan liputan, temuan  ,  dikegiatan lokasi ,dalam sebuah organisasi media masa yang tugas utamanya adalah: mempertimbangkan atau memilih berita mana yang layak dan mana tidak layak di muat dari segi bahasa, akurasi, maupun kebenaran tulisan. Hal-hal tersebut akan dipertimbangkan oleh redaktur pada sebuah media.

Redaksi merupakan sisi ideal sebuah media atau penerbitan pers yang menjalankan visi dan misi atau idealism media. Persiapan penerbitan media cetak atau online, perlu dikelola secara baik agar hasil berita dapat memuaskan para pembaca.


Komponen dalam Suatu Redaksi,berjudul Manajemen Redaksional Republika, dan Antara dalam Pemberitaan Kasus berikut adalah tingkatan manajemen suatu redaksi:

1. Pemimpin Redaksi:Pemimpin redaksi adalah orang pertama yang bertanggung jawab terhadap semua penerbitan berita. Tugas utama pemimpin redaksi adalah mengendalikan kegiatan keredaksian di perusahaannya yang meliputi penyajian berita, penentuan liputan, pencarian fokus pemberitaan, penentuan topik, pemilihan berita utama, berita pembuka halaman, dan sebagainya.

Baik dan buruk isi pemberitaan tergantung dari ketajaman pemimpin redaksi dalam mencari dan memilih materi berita.

2. Sekretaris redaksi berfungsi dalam hal administrasi redaksional. Misalnya, menerima surat-surat luar yang menyangkut redaksional, mengirim honor tulisan kepada penulis dari luar, dan membuatkan surat-surat yang diperlukan oleh pemimpin redaksi.


Jika ada surat dari luar baik yang berkaitan dengan peliputan maupun sumbangan tulisan, surat tersebut diteruskan kepada masing-masing bagian. 

Apabila isi surat berkaitan dengan undangan liputan, maka tugas sekretaris redaksi yaitu untuk mengisi undangan tersebut.

3. Redaktur adalah  pelaksana jabatan  dibentuk untuk membantu pemimpin redaksi dalam melaksanakan tugas-tugas ke redaksional. Dalam tugasnya, redaktur pelaksana yang mengatur pelaksanaan tugas sesuai dengan yang diperintahkan oleh pemimpin redaksi.

Dalam kondisi tertentu, redaktur pelaksana yang terlibat dalam membatu membebankan tugas , kepada para redaktur editor sesuai dengan bidangnya masing-masing. Misalnya, redaktur editor ditugaskan untuk melakukan perbaikan artikel yang akan dimuat di sebuah website.

4.Redaktur berperan dalam isi sebuah halaman. Tugas redaktur yaitu menerima bahan berita dari kantor, wartawan, responden, atau press release dari lembaga, organisasi, instansi, atau perusahaan swasta. Kemudian, bahan berita akan diseleksi untuk dipilih mana yang layak untuk dimuat hari ini dan mana yang bisa ditunda penerbitannya.


Tiap penerbitan pers, baik itu berita online , Cetak atau majalah mempunyai banyak redaktur yang menjaga halaman atau yang diandalkan untuk disajikan pada pembacanya. Masing-masing penerbitan pers memiliki gaya tersendiri dalam menyajikan berita pungkas.

Redaksi: Asep Gaib.

BACA JUGA BERITA LAINNYA