AJMII Gelar Silaturahmi dan Konsolidasi Organisasi, Fokus Perkuat Sinergitas - KABAR LIDIK INDONESIA

Breaking

Post Top Ad

AJMII Gelar Silaturahmi dan Konsolidasi Organisasi, Fokus Perkuat Sinergitas


Cimahi -  Aliansi Jurnalis Media Independen Indonesia (AJMII)  melaksanakan Rapat konsolidasi dan silahturahmi  sesama anggota AJMII Propinsi Jawa Barat. Acara digelar Cafe Prabu, Jl. Ciawitali No.16, Kota Cimahi, Minggu (14/8/2022).

Hadir pada kegiatan rapat  Konsolidasi dan silahturahmi tersebut, Ketua Umum AJMII, Ahmad Syafei, Dewan Pembina AJMII, H. Herman, Dewan Penasehat, Alfonsus Sitohang, S.H., M.H., (Kang Icang),  Penasehat Hukum AJMII, Suarman  Gulo, S.H., (Law Office Melvin) , para Pimpinan media yang tergabung di AJMII yang mewakili medianya masing-masing, serta sekitar 20 orang anggota AJMII dari berbagai wilayah, diantaranya perwakilan wartawan dari Kota/Kabupaten Garut, Cianjur, Bandung, dan  Cimahi.






Ketua Umum Aliansi Jurnalis Media Independen Indonesia (AJMII) Ahmad Syafei,  mengatakan silaturahmi  para insan pers yang terdiri dari berbagai media di bawah organisasi Wartawan  AJMII diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme dengan  menjaga silaturahmi dan kekompakan semua demi kemajuan bersama dan organisasi. 

AJMII Sepakat membangun kebersamaan, kekompakan sesama Insan Pers,  Pimpinan media, dan para Wartawan / Jurnalis  yang tergabung di AJMII dari berbagai wilayah.

"Untuk program AJMII kedepan  dan  untuk  Penguatan Kapasitas, Insyaallah AJMII akan mengadakan program pelatihan jurnalistik  dan meningkatkan profesionalitas wartawan," ujarnya.




Ahmad berharap, setelah pertemuan dan rapat konsolidasi ini diadakan, anggota AJMII di beberapa wilayah untuk segera membentuk dan mengajukan kandidat sebagai pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) disetiap wilayahnya  masing-masing.

"Pembentukan DPC AJMII di setiap wilayah bertujuan untuk bisa menguatkan jaringan organisasi di berbagai daerah,   dan ditekankan menjalin kemitraan dan bersinergi dengan  Pemerintah kota/Kabupaten wilayah setempat," ucapnya.

Selain itu, Ahmad Syafei  juga menyampaikan,  pihaknya, yang dalam hal ini  Biro Hukum AJMII (Law Office Melvin)  akan melakukan pendampingan  anggota AJMII yang mendapatkan masalah hukum terkait dalam menjalankan tugas jurnalistiknya.


"AJMII akan melakukan pendampingan jika ada  anggota AJMII yang ketika sedang menjalankan tugas jurnalistiknya mendapatkan perlakuan diskriminatif  dan terjadi kasus seperti misalnya ada tindakan sampai di kriminalisasi. Kami akan turun tangan melakukan pendampingan terkait hal tersebut," tandasnya.

Penasehat hukum AJMII, (Law Office Melvin & Rekan) Suarman Gulo, S.H., saat dikonfirmasi  mengatakan pihaknya siap melakukan pendampingan hukum kepada AJMII bilamana ada anggota AJMII terkait dalam tugas jurnalistiknya mendapatkan masalah atau berurusan dengan  hukum. 

"Pertemuan ini  memberikan Lembaran Baru kepada AJMII, bahwa mereka dan para wartawan ini menjadi profesionalisme dan sebagai  Garda terdepan untuk memberikan  sistem keterbukaan informasi, dan memberikan kontribusi pemberitaan yang bermanfaat untuk masyarakat," ucap pengacara yang Akrab disapa Bang Melvin ini.

Melvin juga menekankan agar para Wartawan yang tergabung di AJMII  senantiasa memberikan atau menyajikan pemberitaan yang berimbang dan  sesuai dengan tupoksinya yang terukur  berdasarkan dengan undang-undang PERS dan juga aturan hukum yang sudah diatur oleh pemerintah.

"Saya sudah dikasih mandat, dan Posisi saya disini sebagai Lembaga Bantuan Hukum (LBH)  khususnya untuk para wartawan yang ada di AJMII ini. Saya akan siap melakukan pendampingan hukum kepada semua wartawan anggota AJMII apabila terbentur  masalah  hukum ketika dalam menjalankan tugas jurnalistiknya," jelasnya.

Dewan Penasehat AJMII, Alfonsus Sihotang, S.H.,M.H.,  yang Akrab dikalangan Wartawan dengan panggilan  Kang Icang mengatakan bahwa Program kegiatan rapat konsolidasi dan silahturahmi ini bertujuan agar sesama anggota AJMII diberbagai wilayah bisa saling mengenal antara satu dengan lain, dengan harapan AJMII lebih kompak,  solid dan namanya lebih  dikenal  sebagai wadah organisasi Wartawan  yang berintegritas dan berwawasan yang  bisa bersinergi dengan masyarakat, Pemerintah,dan antar sesama organisasi Wartawan lainnya di tanah air.

 "AJMII ini di provinsi Jawa Barat sendiri  sudah mempunyai beberapa cabang di kota dan kabupaten, dan tersebar di beberapa wilayah. Tentunya ini  untuk menunjang 

kinerjanya, dan tadi kita sudah membahas satu persatu bahwa  ke depan akan lebih banyak  kegiatan-kegiatan yang di mana setiap kegiatan ini mempunyai nilai yang lebih tinggi dari hari kemarin. Sejauh ini AJMII berjalan dengan baik, dan semoga AJMII semakin maju, Solid, dan lebih ditingkatkan dalam pemberitaan, dan lebih teliti juga berimbang  dalam menyajikan pemberitaan atau  informasi kepada publik," tuturnya.


Sementara itu, perwakilan Wartawan anggota AJMII dari kota/Kabupaten Garut , Sani Susanti ; AJMII kota/Kabupaten Cianjur, Bang Ben ; dan anggota AJMII dari  kota Cimahi, Yunus Kipu,  mengapresiasi kegiatan pertemuan  ini, dimana beberapa perwakilan dari tiap wilayah bisa hadir untuk melaksanakan rapat konsolidasi dan silahturahmi untuk langkah  program AJMII kedepan.

Yunus Kipu, Wartawan dari kota Cimahi yang hadir pada acara tersebut mengatakan, kegiatan silahturahmi seperti ini diharapkan akan mampu mendekatkan  antar sesama anggota AJMII di seluruh  wilayah di Jawa Barat dan kota-kota lainnya, dan berharap bisa terus berjalan untuk kemajuan AJMII itu sendiri. 

"Kegiatan ini sangat positif sekali,  mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini AJMII bisa lagi meningkatkan etos kerja, dari kegiatan ada pembentukan DPC atau DPD diwilayahnya masing-masing khususnya di Jawa Barat untuk saat ini. Kami berharap  kedepannya bisa berkembang dan bisa melebarkan sayapnya di kota atau kabupaten se-jawa barat atau kota lainnya,  artinya kedepan AJMII  akan membawa nama harum dikalangan insan Pers,  terutama untuk  para wartawan didalamnya yang tergabung di AJMII ini," pungkasnya. (*)Liputan Kabiro Cianjur (Kodir).


Editor      : Bang  Gaib.

| BACA JUGA YANG LAINNYA |

Pages