Breaking News

Gelar Apel Siaga Panwaslu Kelurahan/Desa Kecamatan Se- Kabupaten Karawang Lapangan Karang Pawitan senin 27/11/2023.



www.kabarlidikindonesia.com senin 27/11/2023.
Karawang -  Kegiatan apel Siaga upacara yang di pimpin langsung oleh Khorudin dan Pembina upacara Kusnadi ,SH yang di hadiri para penjabat ,wakil Kapolres Wahyu,Dandim 05,06 ,Ketua Kamenag ,H.Sofiyan,Plt Bupati dan 18 partai Se-Kabupaten Karawang 

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kelurahan/Desa dan Kecamatan dan se- Kabupaten Karawang menggelar apel siaga pengawasan dan Deklarasi Damai Pemilihan Umum tahun 2024. Kegiatan Apel dilaksakan di lapangan Karang pawitan karawang Jawa Barat Senin (27/11/2023).

Apel Siaga dan Deklarasi tersebut dihadiri para anggota Panwaslu dengan tujuan 

1.Memastikan kesiapan masa Kampanye pada tanggal 28 /11/2023 10 feb tahun 2024 mendatang.

2.berkontribusi untuk menciptakan pimpinan Bangsa yang bijak dan baik.

3.memastikan Netrlitas TNI,POLRI dan Aparatur Sipil Negara ( ASN )

4.Terwujudnya pemilu serentak damai dan Jurdil tahun 2024.Sebelum apel Siaga digelar,ketua terlebih dahulu menyampaikan beberapa hal kepada seluruh peserta yang apel.


Ketua Bawaslu upacara apel siaga  Akhorudin , menyampaikan dalam amanatnya dan menyebutkan bahwa, apel siaga pengawasan kampanye Pemilu yang akan datang tahun 2024 perlu dilaksanakan. Hal tersebut untuk mengingat tahapan kampanye yang akan berlangsung pada tanggal 28 November tahun 2023 mendatang hanya tinggal menghitung hari.

"Untuk itu, kami Ketua Bawaslu Kabupaten berharap kepada seluruh pengawas baik tingkat Panwaslu kecamatan maupun panwaslu tingkat kelurahan/desa serta dapat melaksanakan tugas dengan baik. Karena Panwaslu kecamatan dan Panwaslu kelurahan/desa ,  merupakan ujung tombak dalam meminimalisir potensi kerawanan Pemilu,".tutur nya.


Panwaslu Kecamatan juga Pos Kesehatan Desa ( PKD ) di harapkan dapat melaksanakan tugas dan wewenang serta tanggung jawab yang telah diberikan dengan baik dan penuh semangat hingga mewujudkan Pemilu yang adil."Selain itu Panwaslu kecamatan dan Pos Kesehatan Desa ( PKD ) diharapkan harus bisa memberikan perhatian lebih terhadap pengawasan dalam kampanye," .

Ketua Kabupaten dan Ketua Bawaslu Kecamatan akan mengawasi dan menerangkan tentang indeks kerawanan di masa Pemilu , agar jajaran harus berupaya untuk memaksimalkan atau upaya pencegahan. Sebab kampanye merupakan tahapan yang sangat kompleks dan diwarnai dengan berbagai strategi maupun pelanggaran yang dilakukan oleh peserta Pemilu .


"Meski demikian, kami sebagai jajaran dan anggota Bawaslu akan memastikan dan sangat siap untuk melakukan pengawasan dalam pelaksanaan kampanye yang akan dimulai pada 28 November mendatang hingga berakhir pada 10 Februari 2024," .

Dalam kesempatan ini, Ketua Kecamatan Andi Sugianto.SH ,Ahmad Hasym juga Adi Sopyan, meminta Panwaslu dan Pos Kesehatan Desa ( PKD ) agar selalu menjaga integritas. Sebab, yang paling penting dalam diri seorang dan pengawas yaitu integritas."Mengingat proses dan tahapan-tahapan pencegahan yang telah kita lalui, maka di tahapan kampanye nantinya kita harus fokus pada penindakan dan penanganan pelanggaran. 

Mari kita bersama-sama menjadikan Pemilu yang jujur, adil agar pemilu berjalan kondusif, aman  serta terkendali , sehingga para peserta pemilu nanti berjalan dengan baik, jujur sesuai dengan amanah undang-undang, yang sudah di tentukan".

Sementara itu, Wakil Ketua juga berharap , pelaksanaan apel siaga kampanye dan deklarasi damai Pemilu tersebut dapat menjadikan pelaksanaan Pemilu yang berkualitas, aman dan damai.

Selain itu,kembali mengingatkan kepada seluruh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN ) agar senantiasa menjaga Netralitas dalam penyelenggaraan Pemilu. Sebab,Aparatur Sipil Negara ( ASN ) merupakan contoh bagi masyarakat di sekitarnya.

Usai pelaksanaan kegiatan apel, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan deklarasi yang dibacakan oleh ketua dan penandatanganan deklarasi bersama pungkas*

Penulis : Hasyim

Editor : Asep Gaib

BACA JUGA BERITA LAINNYA