PEMDES MEKARASIH BERSAMA MASYARAKAT GELAR ACARA BARITAN RUAT BUMI. - KABAR LIDIK INDONESIA

Breaking

Post Top Ad

PEMDES MEKARASIH BERSAMA MASYARAKAT GELAR ACARA BARITAN RUAT BUMI.



Kabarlidikindonesia.com- 24/05/2022

Karawang  – Sedekah hajat  Bumi merupakan warisan nenek moyang leluhur Kita . Budaya  buhun yang sudah melekat di kalangan masyarakat , adat istiadat peninggalan para karuhun terdahulu .

Tradisi ritual ini merupakan wujud bentuk rasa syukur kepada Alloh SWT yang telah memberikan rezeki . Di rayakan oleh para petani sehabis panen atau  menjelang musim tanam padi yang di selenggarakan setahun sekali .

Bukan hanya para petani tapi juga di hadiri oleh Camat beserta ketua TP PKK Kec. Banyusari , Kepala Desa Mekarasih , BPD , LPM , para amil , Kadus , Rw, Rt, .tokoh masyarakat dan agama , para kaur , Linmas , serta masyatakat setempat .

Camat Banyusari Drs. Iwan ridwan mengungkapkan rasa syukurnya kepada Alloh SWT karena dapat menghadiri hajat bumi dan bersyukur atas keberhasilan panen tahun ini , dan berharap kedepannya bisa lebih melimpah.
Beliau juga berharap agar para petani dapat mengelola lebih baik lagi dan tetap menjaga kelestarian alam  lingkungan .

Sementara Kepala Desa Mekarasih Wawan wahyudin mengungkapkan harapannya agar hajat bumi tersebut  , dapat terus di lestarikan karena merupakan salah satu budaya lokal peninggalan leluhur , juga sekaligus sebagai bentuk edukasi kepada generasi muda tentang budaya lokal yang ada , yang memang syarat dengan unsur kegotong royongan , persatuan dan rasa bersyukur kepada Alloh SWT . Pungkas*


Reporter : Dadang.

Editor       : Bang Gaib.
| BACA JUGA YANG LAINNYA |

Pages