Breaking News

MADRASAH DIGITAL DILUNCURKAN , PJ BUPATI DORONG PENINGKATAN STANDAR MUTU DAN KUALITAS MADRASAH .


 




Kabarlidikindonesia.com -9/6/2022- Kamis.

JEPARA – Penjabat (PJ) Bupati Jepara Edy Supriyanta mendorong peningkatan standar mutu dan kualitas madrasah. Karena hal itu jadi kunci utama dalam mencetak dan mempersiapkan generasi emas Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Edy Supriyanta saat melaunching program Madrasah Digital di Madrasah Aliah Negeri (MAN) 1 Jepara, Kamis (9/6/2022).

 

“Ini sebabnya, transformasi digital menjadi sebuah kebutuhan dan keharusan. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang demikian pesat harus cepat direspon,”kata Edy Supriyanta.

Disampaiakn oleh Edy, pendidikan dan pembelajaran melalui madrasah ataupun pesantren, membutuhkan afirmasi dan dukungan kebijakan agar mampu bersaing secara global. Karenanya, peningkatan SDM pengajar, literasi digital, sarana dan prasarana serta infrastruktur TIK harus masif dilakukan.





“Pemerintah Kabupaten Jepara siap berkolaborasi, bersinergi, memberikan dukungan, serta mendorong digitalisasi lembaga-lembaga madrasah yang ada di Jepara,” jelas Pj Bupati.

Dalam kesempatan itu, Edy Supriyanta mengapresiasi seluruh jajaran MAN 1 Jepara dalam memberikan pelayanan lebih baik. Yaitu senantiasa beradaptasi dengan merespons perkembangan TIK.

“Harapannya agar sekolah tersebut  mudah-mudahan menjadi contoh bagi sekolah yang lain serta lebih maju dan sejahtera,” tandas Edy.

Sementara itu, Kepala MAN 1 Jepara Ahmad Rifan mengatakan, digitalisasi madrasah ini sengaja disiapkan untuk tahun ajaran 2022/2023. Program tersebut terdiri dari tiga komponen, yakni bidang layanan umum dan kehumasan, bidang akademik, serta bidang transparansi keuangan.

Dalam bidang akademik di antaranya terdapat kelas digital, perpustakaan-el, hingga ujian sekolah berbasis komputer. Berikutnya dalam bidang layanan umum dan kehumasan, ada situs web, informasi akademik, aduan masyarakat, absensi daring baik siswa maupun guru, hingga penerimaan peserta didik baru daring.

“Kemudian di bidang transparansi keuangan ada aplikasi untuk pembayaran secara digital,” jelas dia.

Launching Madarsah Digital ini dilakukan dengan pemindaian sidik jari secara bersama-sama oleh Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta, Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Jateng Mustain Ahmad, Anggota Komisi VIII DPR RI Abdul Wachid, Kepala Kantor Kemenag Jepara Muh Habib, dan Kepala MAN 1 Jepara Ahmad Rifan di Sport Center madrasah.


Reporter : Bang Yos

Editor      :  ( N l)

BACA JUGA BERITA LAINNYA