Breaking News

MENGENAL KIJING ATAU KERANG JAWA YANG HIDUP DI SUNGAI, AIR TAWAR.


Kabarlidikindonesia.com-9 maret 2023.

KARAWANG - Masyarakat pada umum nya pasti mengenal yang nama kejing alias kerang jawa yang hidup di air tawar, salah satu hewan endemik yang hidup di perairan sungai irigasi,khususnya di air tawar ,bahkan masyarakat selalu abaykan begitu saja.

Padahal hewan yang satu ini mengandung protein juga sangat membatu untuk mencerdaskan pertumbuhan otak menjadi cerdas.Hewan ini mudah di temui,apa lagi di musim kemarau,  kijing sangat mudah di cari. masyarakat ingin mencoba dan seperti apa rasa daging  kijing. 

Kijing yang hidup di air tawar atau dalam bahasa lokal lebih dikenal Kijing. Kijing sangat suka mengendap di dasar sungai yang berpasir dan bersuhu dingin, ditempat kita. biasanya kijing banyak berada di dekat jembatan ,tumpukan batu yang ada di dasar sungai .

Kijing lokal berwarna kuning semu kehitaman  ,yang sudah terproses secara alami sekian lama, mudah ditemui, Kulit Kijing berwarna kuning semu kehitaman, ada juga bagian yang berwarna biru kehitaman. 

Kulitnya keras seperti marmer licin tetapi tidak berbulu. Jika dibuka, akan kelihatan daging bagian dalam  berwarna putih ke kuning-kuningan. Kijing berbentuk gepeng melebar. Kijing ini rasa nya enak dan gurih.

kijingpun bisa untuk cara menyaring air keruh ,hewan ini mengandung makanan di dalamnya, disamping itu kijing dapat dimanfaatkan dalam usaha. penjernihan air,air keruh menjadi air bening

 karena kijing memiliki sifat filter feeder, jadi harus sama-sama kita jaga kualitas air sungai, agar keberadaannya air tetap terjaga dan dapat memberikan manfaat bagi kita yang mengonsumsinya.

Kijing bisa dimanfaatkan sebagai salah satu bahan pangan dari hasil perairan selain ikan. Kijing dapat dijadikan santapan lezat dan murah.Sebelum dikonsumsi, sebaiknya kita ketahui dulu kandungan gizi dari Kijing ini.



Ternyata daging kijing lokal ini mengandung asam lemak tak jenuh eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA) yang dapat meningkatkan kecerdasan otak. Tak hanya itu, daging kijing juga mengandung protein hewani yang kaya akan asam amino esensial pungkas* (red).

Redaksi Asep Gaib.

BACA JUGA BERITA LAINNYA