Breaking News

MENYAMBUT HUT MEDIA ONLINE BERITA PEMBARUAN.


www.kabarlidikindonesia.com selasa 30 jan 2024.

KARAWANG  - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang, Mari Fitriani bersama Pengacara Senior Karawang Agus Ferryanto, S.H., M.H., menjadi narasumber dalam Diskusi Interaktif yang diadakan dalam rangka HUT ke-3 media online beritapembaruan.id.


Acara yang dimoderatori ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Karawang Ega Nugraha Susanto berlangsung di RM. Alam Ceria Karawang Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat pada hari Selasa, 30 Januari 2024.


Diskusi tersebut dihadiri oleh puluhan pemimpin redaksi dan jurnalis media online dari Kabupaten Karawang dan Bekasi. Juga tampak hadir Ketua Media Independen Online (MIO) Jawa Barat Azhari, ketua Forum Wartawan Jaya Indonesia (FWJI) Karawang Irfan Sahab dan jajaran pengurusnya, Sekretaris Serikat Media Siber Informasi (SMSI) Karawang Iwan Sugriwa.


Dalam diskusi tersebut, Agus Ferryanto memaparkan kegiatan jurnalistik merupakan kegiatan yang sangat memerlukan keahlian khusus. Salah satunya keahlian investigasi atau pendalaman terkait berita yang akan diangkat.


"Saat ini temen-temen jurnalis di berbagai daerah masih bersifat reportase saja. Atua bersifat menyampaikan informasi ke publik saja," ujar Kang Ferry sapaan akrab Agus Ferryanto saat memaparkan materi diskusi.


Menurut Kang Ferry, kalau saja di antara kita kaum jurnalis mengangkat berita-berita dari hasil investigasi hasilnya akan lebih memuaskan publik atau pembaca."Kita saat ini sering baca salah satu media nasional yang menaikan beritanya bukan hanya hasil laporan saja, namun merupakan hasil investigasi yang dalam dan detail. Dan itu bisa menggoncang publik," ujar Kang Ferry sembari menyebutkan salah satu contoh media nasional.


Sementara Ketua KPU Karawang Mari Fitriani saat memaparkan materi mengatakan, bahwa media merupakan mitra kerja dari KPU. Pelaku media khususnya kaum jurnalis menjadi kepanjangan tangan KPU, seperti menyampaikan beberapa informasi terkait pemiluMari juga menyampaikan beberapa regulasi terkait dengan pemilu, terfokus pada sosialisasi mengenai tata cara penghitungan kursi bagi calon anggota legislatif.


Tidak sedikit lanjut Mari informasi tentang tahapan atau kegiatan yang disampaikan melalui media. Ini bertujuan untuk memberikan pemahaman lebih lanjut kepada masyarakat terkait proses pemilu."Terus terang kami KPU merasa sangat terbantu oleh media," tandas Mari.(**)

Red : Asep Gaib.

BACA JUGA BERITA LAINNYA