Breaking News

Maksimalkan Pengawasan Pemilu, Pengawas TPS di Kecamatan Banyusari Mendapat Bimtek Pembingbingan Teknis


KARAWANG -Untuk memaksimalkan tugas pengawasan yang akan dilaksanakan Para pengawas TPS (PTPS) pada pemilu serentak 2024 yang tinggal menghitung hari kedepan, para pengawas TPS mendapat bimbingan teknik (Bimtek) yang bertempat di gedung SMKN Kecamatan Banyusari,Kabupaten Karawang Jawa Barat Kamis 08/02/2024. 

Acara Bimtek yang diikuti 163 anggota TPS  , dari 12 Desa Se- kecamatan Banyusari ,untuk Pengawas dan memantau perjalanan pesta Demokrasi yang  Sesuai, jumlah TPS yang ada di wilayah Kecamatan Banyusari Kabupaten Karawang sebanyak 163 TPS.

Ketua Panwaslu Kecamatan Banyusari Andi Sugiharto SH. Yang di dampingi oleh Ahmad Hasym S.Pd.I , Ade Sofyan, mengatakan Kepada semua anggota yang hadir di acara Bimtek dan mengarahkan betul- betul harus waspada dalam mengawasi , kecurangan dalam perjalanan pemilu, 

Para anggota TPS Kelurahan Se-Kecamatan Banyusari ,diberikan arahan agar di waktu pelaksanan nya paham tentang tugas ,tanggung jawab ,kinerja sebagai pengawas dalam melaksanakan kewajiban sebagai anggota pengawasan TPS.

Bimtek yang digelar dan dilaksanakan di SMKN Desa Gempol Kecamatan Banyusari dan  menjelaskan agar para anggota paham dalam melaksanakan tugas nya sebagai anggota dengan melalui rapat (Bimtek ) agar para pengawas TPS 

Terkait tanggung jawab sebagai anggota dan mengawasi di gelaran Demokrasi yang sedang berjalan, antisifasi adanya kecurangan penghitungan suara  di TPS, serta distribusi logistik TPS. Beberapa materinya antara lain materi panwaslu yakni yang akan di isi setiap pengawas TPS terkait kejadian yang ada serta materi terkait kategori pelanggaran pemilu

“Jadi selain bimtek secara langsung, Penguatan-penguatan terkait regulasi kepemilihan dan pengawasan juga kami terus berikan agar pelaksanaan pemilu terhindar dari berbagai kecurangan dan pelanggaran,” ungkap nya.

Lanjut ia ,Kami Selaku Panwaslu meminta agar para pengawas TPS untuk lebih meningkatkan pengawasan dan mencari berbagai informasi mengantisipasi berbagai potensi kerawanan dalam proses distribusi logistik dan proses pungut hitung di TPS .

Dalam pelaksanaan bimtek PTPS ini dihadiri oleh jajaran panwaslu beserta koordinator sekretariat nya, Perwakilan dari Bawaslu Kecamatan Banyusari Kabupaten Karawang ,Pengawas Kalurahan/desa se-Kecamatan Banyusari , Kabupaten Karawang Propinsi Jawa Barat.

PPK menyampaikan kepada semua para anggota yang hadir tentang proses distribusi logistik TPS dan mekanisme mengenai pemungutan dan penghitungan suara di TPS pungkas ( red )

(Asep Gaib).

BACA JUGA BERITA LAINNYA