Breaking News

" Samen ” Menumbuhkan Kreatifitas Siswa



kabarlidikindonesia.com 21/22juni/2023.

Kegiatan akhir  tahun pelajaran 2022/2023 pun datang , hampir semua Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Banyusari merayakan dengan meriah kegiatan akhir tahun ini.

Begitu halnya dengan SD Negeri Gempol I melaksanakan kegiatan  selama 2 hari , tanggal 21 dan 22 Juni 2023 .

Ditanggal 21 juni, SDN Gempol I melaksakan kegiatan Karnaval yang  diikuti hampir 1000 orang . Riuk pikuk dikegiatan karnaval ini dimeriahkan pula oleh masyarakat gempol sebagai peserta karnaval .

“ kegiatan ini rutin kami laksanakan tiap tahun ” ungkap Kosasih selaku kepala sekolah SDN gempol I .


Di sisi lain Kades eman sulaeman menyatakan  " kami selaku pemerintah desa mendukung kegiatan ini karena merupakan hiburan tersendiri yang rutin kami lakukan yang bekerjasama antara pihak sekolah dengan pemerintah desa ”. ungkap Kades.

Masyarakat desa gempol merasa terhibur , ditambah lagi siswa dan masyarakat berbaur untuk merayakan pelepasan kelas VI dan kenaikan kelas I sampai kelas V . 

“ kreatifitas warga kami nilai , dan siapa yang paling baik akan mendapatkan piala dan uang pembinaan dari kepala desa gempol ” ucap sopiyudin.

Lanjut panitianya “ bukan hanya warga , siswa pun kami nilai dan sama dengan warga mendapatkan piala dan penghargaan dari sekolah ” tandas sopiyudin .

Sejalan dengan program pemerintah dengan Kurikulum merdekanya ,  dimana kurikulum ini adalah sistem pembelajaran yang bertujuan untuk mengamati dan menyelesaikan permasalahan disekitar melalui lima aspek utama  , yakni :


- Potensi diri .

- pemberdayaan

  diri.

- Peningkatan diri .

- Pemahaman diri .

- Dan peran sosial .

Kurikulum merdeka lebih menitik beratkan pada kreatifitas anak , dengan program yang kita kenal dengan P 5 ( Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ) .

Dengan kegiatan ini , siswa akan lebih kreatif , mandiri dan dapat memahami peran siswa di masyarakat " .  Imbuh sopiyudin .

Dalam sambutannya Kades eman sulaeman " kita harus bangga menjadi warga gempol , dimana kita memiliki lembaga pendidikan dari tingkat PAUD sampai dengan SMA/SMK , begitu juga ada PKBM , yang melengkapi lembaga pendidikan yang ada di desa gempol ”. tandasnya.

Saya berharap tahun depan semua elemen masyarakat , pemerintah desa , lembaga pendidikan bisa ikut bergabung dalam kegiatan rutin tahunan ini yang diselenggarakan di SDN Gempol I’ tambahnya .


Hal senada diamini oleh bahrun, ketua Komite SDN Gempol I ini  menyampaikan ” bahwa kegiatan ini  bisa menjadi tolak ukur keberhasilan dalam dunia pendidikan , karena bukan hanya hiburan yang kita sediakan , namun  yang paling utama adalah memunculkan kreatifitas dari siswa dan masyarakat ” ungkapnya.

Tambah bahrun “ saya bangga menjadi komite , dan menjadi masyarakat desa gempol atas terlaksananya kegiatan samen ini .

Masyarakat gempol mengusulkan  kegiatan seperti ini harus direncanakan minimal 2 bulan sebelum pelaksanaan , sehingga mereke bisa mempersiapkan dengan matang , untuk mengikuti karnaval dan melatih anak -anak agar penampilan di samen bisa lebih wah , gitu ” ungkap bahrun.

Mudah-mudahan harapan masyarakat gempol bisa terlaksana di tahun depan . Tambah komite SDN Gempol I ini  tutupnya.


Reporter : masmoeh

BACA JUGA BERITA LAINNYA