Breaking News

Sebagai Sekolah Adiwiyata, SMAN 1 Tahunan Melakukan Kegiatan Untuk Menumbuhkan Perilaku Ramah Lingkungan

JEPARA – Sebagai sekolah yang sejak tahun 2008 menyandang predikat sekolah Adiwiyata, yakni sekolah yang membangun norma dan etika yang menjadi dasar terciptanya kesejahteraan hidup untuk cita-cita pembangunan yang berkelanjutan, maka SMA Negeri 1 Tahunan senantiasa memberikan edukasi pendidikan lingkungan hidup pada siswanya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala SMAN 1 Tahunan Ida Fitriningsih, M.Pd terkait dengan kegiatan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang baru saja diselenggarakan sekolah tersebut. “Sebagai sekolah Adiwiyata, SMAN 1 Tahunan ingin melakukan berbagai kegiatan untuk menumbuhkan perilaku ramah lingkungan terhadap semua keluarga besar sekolah,” ujarnya.Bersih pantai juga melibatkan Babinsa, Petinggi dan Carik Semat

Ia juga menjelaskan, dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023, pembelajaran tentang lingkungan hidup tidak hanya dilakukan di dalam kelas, tetapi aksi nyata berupa bersih- bersih pantai dan membuat pamflet edukasi lingkungan untuk dipublikasikan di medsos.

“Kami ingin melakukan implementasi pembelajaran IPA, pada konsep Gaya Hidup Berkelanjutan melalui aksi nyata solusi mengatasi pemanasan globlal,” tutur Ida Fitriningsih.



Kegiatan bersih Pantai diikuti oleh siswa kelas X sebanyak 300 siswa dengan 5 orang guru pendamping, salah satunya adalah Halimah Noor, M.Pd, guru IPA SMAN 1 Tahunan. Selain guru juga melibatkan Babinsa 1 orang, perangkat desa 4 orang, ketua paguyuban wisata, petinggi dan carik desa Semat serta dukungan dari Dinas Lingkungan Hidup.

“Lokasi kegiatan yang dipilih adalah Pantai Semat, Kecamatan Tahunan yaitu pantai sekitar makam Mbah Sirah dan pantai utama sebelah selatan,” terang Ida Fitriningsih

Pengarahan sebelum melakukan bersih-bersih pantai

Sedangkan bentuk kegiatan berupa kerja bakti membersihkan lingkungan pantai dari sampah dan kampanye kebersihan lingkungan laut dari sampah di instagram dan fb siswa. Disamping itu juga diadakan lomba taman kelas yang diselenggarakan bersamaan dengan Classmeeting serta menanam bibit durian Bawor


Ia juga mengungkapkan, berdasarkan evaluasi yang dilakukan oleh tim, siswa merasa senang menjadi bagian dari upaya mrnciptakan limgkungan yang bersih dan indah sebagai gaya hidup berkelanjutan dalam pengelolaan sampah untuk mengurangi pemanasan global. “Tanggung jawab untuk turut menjaga lingkungan hidup ini yang terus kami tanaman,” ujar Ida Fitriningsih"

Reporter : Bang yos.

BACA JUGA BERITA LAINNYA