Breaking News

SMPN 1 BANYUSARI GELARA IHT IN HUOSE TRAINING DALAM RANGKA MEMPERSIAPKAN KURIKULUM MERDEKA MENGUATKAN PROPIL PELAJAR PANCASILA.



kabarlidikindonesia.com rabu 26 juli 2023.

KARAWANG- Pelaksanaan kegiatan IHT (In House Training) yang digelar di Metting Room Hotel Edutel SMK Indonesia mas,Seluruh guru dan staf SMP Negeri 1 Banyusari Kecamatan Banyusari Kabupaten Karawang Propinsi Jawa Barat ,mengikuti sesi In House Training (IHT) yang berfokus pada pemahaman tentang KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) dan KOSP (Kurikulum Organisasi Sekolah dan Pembelajaran). Selain itu, dilakukan pula review terhadap Visi, Misi, bertujuan Sekolah sebagai pijakan untuk menyusun rencana program kerja ke depan. Struktur kurikulum sekolah juga dijelaskan secara detail agar semua peserta IHT memiliki pemahaman yang sama terkait hal ini.

Materi IHT yang difokuskan pada Implementasi Kurikulum Merdeka serta Pengenalan dan Penyusunan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

Dalam pemaparannya Pemateri yang didatangkan dari Pengawas dari Satuan Pendidikan tingkat SMP Bapak H.Anhar, S.Pd mengatakan bahwa Pengenalan dan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka serta Prosedur Pembuatan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP),Prosedur Pembuatan Modul Ajar. "Prosedur Pembuatan Modul Ajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5),difokuskan pada pengenalan dan pemahaman tentang implementasi Kurikulum Merdeka yang akan diterapkan di SMP Negeri 1 Banyusari." Ucapnya.


Guru dan staf juga diperkenalkan pada langkah-langkah menyusun Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai bagian dari upaya menguatkan karakter peserta didik dalam berbagai aspek kehidupan. Selain itu, para peserta IHT juga diajarkan cara menyusun perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum yang akan diterapkan. Proses penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Modul Ajar menjadi bagian penting dalam memastikan pelaksanaan Kurikulum Merdeka berjalan lancar.


H.Jamal, S.Pd selaku pemateri bidang Kalender Pendidikan dan Program Semester Evaluasi Program Sekolah ,dirinya menyampaikan bahwa Pembuatan Rencana Program Kerja Sekolah Tahun 2023/2024 harus di evaluasi,  "Program-program yang telah dilaksanakan dalam tahun pelajaran 2022/2023. Evaluasi ini bertujuan untuk mengidentifikasi keberhasilan dan kendala yang dihadapi selama tahun berjalan. Selanjutnya, peserta IHT bersama-sama menyusun Rencana Program Kerja Sekolah (RKT) untuk tahun pelajaran 2023/2024. RKT akan menjadi panduan bagi seluruh anggota sekolah dalam mengimplementasikan program dan kegiatan yang akan dilakukan dalam rangka mencapai visi dan misi sekolah serta tujuan pendidikan di SMP Negeri 1 Banyusari " pungkasnya*


Red Kabar Lidik Indonesia.com.

BACA JUGA BERITA LAINNYA