Breaking News

PEMDES SUKAMULYA MENGGELAR RUAT BUMI ,TRADISI LELUHUR WARISAN NENEK MOYANG KITA,DIRGAHAYU KEMERDEKAAN RI YANG KE 78 TAHUN 2023.



      



www.Kabarlidikindonesia.com-sabtu 19 agustus 2023.

KARAWANG - Ruat bumi merupakan warisan dari nenek moyang kita turun menurun ,warga masyarakat Sukamulya menyambut baik atas di gelarnya hiburan wayang kulit,yang berlokasi di tengah pemukiman warga.Desa Sukamulya Kecamatan Cilamaya kulon, Kabupaten Karawang , Propinsi Jawa Barat.


Yang tentunya masyarakat sangat bahagia  dengan adanya gelaran wayang kulit semalam suntuk ,tradisi Hajat ruat Bumi ini adalah warisan leluhur yang digelar setahun sekali dan di meriahkan oleh para petani warga masyarakat Sukamulya.Dengan Ki Dalang Udama dari Desa Rawamekar Kecamatan Subang, Kabupaten Subang.

Tradisi ruat bumi ini merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas rezeki yang di dapat dari hasil pertanian dan lainnya. Tradisi ini digelar sejak dulu zaman  kerajaan secara turun-temurun.warga berupaya untuk menjaga Kelestarian adat istiadat untuk memperingati warisan dari leluhur nenek moyang kita yang di gelar setiap setahun sekali.

Awalnya Hajat ruat bumi dilakukan dua tahun sekali,namun dengan upaya warga masyarakat, kegiatan ini cuma bisa dilaksanakan satu tahun sekali , pada musim panen dan musim tanam padi saja.


Uniknya tradisi ruat bumi ini menyajikan berbagai jenis makanan dari hasil panen para petani seperti adat istiadat warga masyarakat dengan sajian nasi tumpeng, nasi uduk juga buah-buahan, umbi-umbian dari hasil bumi, "hingga tujuh batang padi yang digantung di depan tenda panggung gelaran wayang kulit".

Acara pembukaan hajat bumi di awali dengan Thawasul dan di tutup berdoa bersama juga salah satu ritual acara tersebut.

Kepala Desa Sukamulya Ucup Subhan beserta jajarannya ikut serta hadir dalam gelaran hajat bumi ,tokoh masyarakat ,tokoh pemuda dan warga masyarakat setempat ikut serta memeriahkan acara ruat bumi.

Kepala Desa Sukamulya ketika di klarifikasi dan mengatakan kepada awak media online kabarlidikindonesia.com mengapreasikan kepada warga agar melestrikan budaya leluhur ini.

Lanjut Kades akan mengupanyakan tradisi budaya leluhur ini dalam agenda Galuh Vitual sehingga bisa terus maju dan di lestarikan .

Alhamdulilah hajat bumi lancar dan kondusif ,mudah - mudah masyarakat yang melaksanakan gelaran wayang kulit  di berkahi rezky nya di beri umur panjang,sehat lahir sehat bathin ....amin pungkas *

Red :Gaib.


BACA JUGA BERITA LAINNYA