Breaking News

PEMDES PACING MENGGELAR HAJAT BUMI TRADISI LELUHUR WARISAN NENEK MOYANG KITA.



www.Kabarlidikindonesia.com  rabu 22/11/2023.

KARAWANG - Kemeriahan tradisi hajat ruat bumi , Desa Pacing, Kecamatan Jatisari, Kabupaten Karawang , Propinsi Jawa Barat, kembali menggelar tradisi Hajat ruat Bumi. Di selenggarakan dilapangan depan kantor pemerintahan Desa Pacing , hajat ruat bumi di hibur pelawak kondang  yaitu Pohan dan Sule, hadir juga kang Dedi DPRD RI malam ini.


Tradisi ini merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas rezeki yang didapatkan  dari hasil pertanian dan lainnya.Tradisi ruat bumi sejak zaman kerajaan secara turun-menurun.Warga masyarakat berupaya untuk menjaga Kelestarian adat istiadat ini Serta melestarikan dan untuk memperingati warisan leluhur nenek moyang kita ,setiap tahun.

Awalnya Hajat ruat Bumi ini dilakukan dua tahun sekali. Namun dengan upaya warga masyarakat, kegiatan ini cuma bisa dilaksanakan satu tahun sekali , pada musim panen dan musim tanam padi saja.Uniknya tradisi Hajat ruat Bumi ini menyajikan berbagai jenis hasil bumi dari hasil panen para petani seperti adat istiadat dengan sajian nasi tumpeng juga buah-buahan, umbi-umbian dari hasil bumi, hingga tujuh batang padi yang digantung di depan tenda panggung.


Setelah acara selesai , sajian nasi uduk,nasi tumpeng dan makanan lain nya yang di gantungkan di atas panggung hiburan tersebut akan menjadi rebutan para warga dan masyarakat yang hadir dilokasi gelaran hàjat ruat bumi.

Acara pembukaan gelaran ruat bumi,  di buka dengan di awali membacakan aya Suci Alquan dilanjukan dengan Tawasul dan tutup dengan doa , di lanutkan sabutan Kepala Desa Pacing , Wawan mengatakan "  acara ruat bumi ini sebagai bentuk penghormatan kepada orang yang telah berjasa, semoga hasil panen yang akan datang akan lebih bagus , akan lebih baik dan bermanfaat bagi para petani dan makmur .Semoga para petani, dan masyarakat pacing juga yang  hadir di berikan semoga panjang umur ,sehat wal'afiat amin.

Tahun kemarin kami menggelar dengan sederhana,namun untuk hari ini , tahun 2023 ini, "Alhamdulillah berlangsung cukup meriah," ujarnya Kades Pacing wawan.

Dalam acara ini , warga masyarakat Pacing sangat terhibur dengan hadir nya Pelawak dari , Acara ruwatan bumi ini dihibur oleh pelawak kondang  yaitu Sule, Pohan ,Warga masyarakat Pacing sebagian besar adalah petani, harapan kedepan nya tradisi ini harus lebih meriah lagi dan tetap dilestarikan oleh generasi penerus. Juga semoga bisa jadi even tahunan , baik tingkat desa maupun tingkat kecamatan dan tingkat Kabupaten.

Alhamdulillah, hajat ruat bumi ini dihadiri Bapak Camat ,tokoh masyarakat , tokoh agama , tokoh pemuda ,hadir pula Perwakilan Danramil,Kapolsek dan warga masyarakat setempat dan masyarakat luar pun ikut serta menyaksikan hajat ruat bumi . 

Kades pacing Wawan mengapreasikan ke seluruh warga masyarakat pacing khusus nya agar untuk terus melestarikan budaya warisan leluhur kita agar mengupayakan tradisi Hajat ruat bumi ini masuk agenda dalam Galuh Virtual. Sehingga bisa terus-menerus "dilestarikan" tutur Kades wawan, pungkas**.

Redaksi : Asep Gaib.

BACA JUGA BERITA LAINNYA