Breaking News

PEMDES SUMUR GEDE MENGGELAR SEDEKAH RUAT BUMI TRADISI WARISAN LELUHUR NENEK MOYANG KITA, SEKALIGUS MERAYAKAN HARI JADI DESA KE 46 TAHUN DISELENGGARAKAN DI LAPANGAN METRO.



www.kabarlidikindonesia.com Selasa 14 mei 2024.

Bismillahhirohmanirohim Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh .

KARAWANG  -  Pemdes Sumur gede ,Kecamatan Cilamaya Kulon,Kabupaten Karawang , propinsi Jawa Barat ,Gelar Tradisi Sedekah bumi , sedekah ruat bumi merupakan salah satu bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas rezeki yang di dapatkan dari hasil para petani dan lainnya selasa 14 mei 2024.

Tradisi ini digelar sejak zaman kerajaan dulu, secara turun-temurun,warga masyarakat Sumur gede , berupaya untuk menjaga Kelestarian adat istiadat dan memperingati warisan dari leluhur nenek moyang kita, yang di gelar setiap setahun sekali.


Awalnya sedekah ruat bumi ini tadinya dilakukan dua tahun sekali , namun dengan upaya warga masyarakat, kegiatan ini cuma bisa di laksanakan setiap satu tahun sekali saja, di masa pada musim panen dan musim tanam padi saja.


Uniknya tradisi sedekah ruat bumi ini ,masyarakat menyajikan berbagai jenis makanan dari hasil panen para petani seperti adat istiadat warga masyarakat dengan sajian nasi tumpeng, nasi uduk,nasi kuning juga buah-buahan, umbi-umbian dari hasil bumi, "hingga ada tujuh batang padi yang di gantung di depan tenda panggung gelaran wayang Golek dengan ki dalang Iman suansa dari Kecamatan Wadas ,Kabupaten Karawang Propinsi Jawa Barat.


Acara pembukaan sedekah ruat bumi dan sekaligus memperingati hari jadinya Desa Sumur Gede yang ke 46 tahun ini , yang di awali dengan Tawasul dan di tutup dengan membacakan doa bersama, juga salah satu acara ritual tersebut , digelar juga turnamen bola volly ,  yang merebutkan juara ke satu,ke dua dan ke tiga.


Kades Asan  beserta jajarannya ikut serta hadir dalam gelaran bola volly dan sedekah ruat bumi juga hadir semua kepala Desa se - kecamatan Cilamaya kulon,yang  ikut memeriahkan acara sedekah ruat bumi tersebut  , hadiri pula Bapak Camat ,yang selalu mendukung acara turnamen dan acara sedekah ruat bumi ini .


Hadir pula para tokoh masyarakat ,tokoh pemuda juga warga masyarakat setempat yang ikut serta menyambut dan untuk memeriahkan acara ruat bumi.Kepala Desa Sumur gede ketika di klarifikasi,mengatakan kepada awak media online kabarlidikindonesia.com ,saya mengapresiasikan kepada warga masyarakat yang hadir di lokasi turnamen bola volly dan ruat bumi , agar warga masyarakat untuk melestarikan warisan budaya leluhur dari nenek moyang kita tutur Kades Asan .

Lanjut Kades , saya akan mengupayakan tradisi budaya leluhur kita ini dalam agenda galuh Virtual ,sehingga terus maju dan mengingatkan para generasi sekarang dan memperkenalkan  kepada generasi berikut nya, agar mengingat masa- masa sejarah tegasnya.

Alhamdulilah turnamen bola volly dan hajat ruat bumi ini,berjalan lancar ,kondusif , Aman dan mudah - mudahan masyarakat setempat yang sedang menonton gelaran wayang golek ini ,di berkahi rezky nya di beri umur panjang,sehat lahir sehat bathin amin dan semoga masyarakat dengan adanya gelaran wayang golek ini bisa terhibur, selamat menonton semoga terhibur pungkas*. 

Red : Asep Gaib.

BACA JUGA BERITA LAINNYA