Breaking News

Penjelasan Mengenai Thudong Yang Di Lakukan Oleh Para Bhante Atau Bhiksu Yang Sedang Viral



SEMARANG–Ramai nya beredar di medsos ada 32 rombongan Bhiksu yang sedang melakukan jalan kaki melintas di wilayah Jawa Tengah.

Para Bhiksu sedang melakukan Thudong dari Thailand menuju Candi Borobudur Magelang Jawa Tengah.

Thudong sendiri adalah perjalanan spiritual yang dilakukan oleh para Bhiksu dengan berjalan kaki sepanjang ribuan kilometer untuk mengikuti jejak Sang Buddha pada zaman kehidupannya terdahulu sebelum ada Vihara.

Thudong dilaksanakan dengan cara berjalan kaki hingga masuk hutan sambil perenungan dan bukan untuk menyebarkan agama Buddha. Thudong sudah menjadi tradisi bagi para Bhante / Bhiksu waktu belum ada tempat tinggal dan para Bhiksu di beri kesempatan untuk tinggal di hutan , gunung atau gua.


Jadi dalam setahun mereka akan berjalan seperti ini selama empat bulan.selama perjalanan para Bhiksu melatih kesabaran ,karena kesabaran bagian dari praktik Dhamma yang paling tinggi.dalam sehari para Bhiksu hanya makan dua kali pagi dan siang hari dan minum seadanya. selanjutnya mulai siang sampai pagi hari para Bhiksu akan Athasila ( berpuasa )


Dalam perjalanan nya para Bhiksu tidak boleh bersentuhan dengan wanita dalam menerima pemberian masyarakat yang akan berpartisipasi membantu makanan ringan dan minuman.

karena itu sudah menjadi Aturan Vinaya Pitaka yang merupakan bagian dari isi Kitab Suci Tripitaka yang berisi peraturan bagi para Bhiksu.

Menurut keterangan Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah Karbono, S.Ag.,M.Pd.B. dan Ketua Walubi Provinsi Jawa Tengah Tanto

Rencana para biksu akan tiba di candi borobudur tanggal 31 mei 2023 dan selanjutanya akan mengikuti peringatan Hari Raya Waisak pada tanggal 4 juni 2023.


Reporter  : AS.

BACA JUGA BERITA LAINNYA